Saturday, March 30, 2019

Application Layer


Assalamualikum Wr.Wb

1. Pendahuluan
Hay teman bertemu lagi di blog saya pada acara RRAKERIN hari ke 27 di BLC TELKOM Klaten nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Presentasion layer sebelum saya membahas tengtang Presentasion Layer terlebih dahulu saya akan mengevaluasi kinerja saya dalam seminggu ini.

2. Pengertian
Presentasion Layer

3. Latar belakang
Mengetahui apa itu presentasion Layer, pengertian, fungsi, protocol

4. Waktu pelaksanaan
Dari jam 08.00 sampai jam 16.00

5. Alat dan bahan
- laptop
- Koneksi internet

6. Pembahasan

Nah jadi seperti yang di atas saya akan mengevaluasi linerja saya dalam seminggu ini, dalam seminggu ini saya itu mempelajari tentang ke 7 layer model OSI :
Hari senin : mempelajari mengenai layer pertama pada OSI layer yaitu Physical
Hari selasa : mepelajari layer berikutnya yaitu layer ke dua yaitu layer Data link
Hari rabu : mempelajari layer Network
Hari kamis : mepelajari layer Trasnport
Hari jumat : saya mepelajari mengenai Layer Sesion
Hari sabtu : sebelum saya mempelajari Layer ke tujuh yaitu Layer Presentasion saya mengevaluasi diri saya dan kinerja saya pada seminggu ini.
Evaluasi diri saya pada seminggu ini itu masih di selimuti rasa malas yang amat sangat dan saya itu sulit memahami apa yang saya pelajari pada kurun waktu seminggu ini dan kegiatan pada seminggu ini saya jujur belum bermanfaat bagi orang lain barru kepada diri sendiri.
Jadi itu evaluasi kegiatan saya pada seminggu ini.

Nah jadi langsung saya kita lanjut untuk membahas mengenai Presentasion Layer
APPLICATION LAYER

1. Pengertian
Application layer ini merupakan lapisan ke 7 atau lapisan teratas dari Lapisan OSI layer, nah jadi application layer ini menyediakan interface atau antar muka atau antar aplikasi yang di lakukan untuk melakukan komunikasi di dalam jaringan, dan kemudian layer ini membantu mengirimkan dan menerima pesan yang di kirimkan di dalam jaringan.

2. Cara kerja Application Layer
Pada dasarnya, cara kerja Application layer ini akan menerima perintah dari usernya, dengan bantuan dari sebuah aplikasi atau sebuah software tertentu untuk mengirimkan suatu pesan atau data ke komputer lainnya.

3. Fungsi dari Application Layer

1. Sebagai alat pengumpulan informasi dan data yang di kirimkan melalui jaringan
Fungsi pertama yaitu si Application layer ini adalahb dia akan mengumpulkan seluruh data yang telah di sampaikan untuk kemudian di munculkan di dalam aplikasi tertentu.

2. sebagai user interface dalam menampilkan data dan informasi
Jadi fungsi kedua ini adalah si Application Layer ini akan bekerja dalam menampilkan data yang tersaji tersebut di dalam sebuah user interface, sehingga data yang tersaji bisa di lihat dan diamati langsung oleh usernya,

4. Software dan perangkat yang bekerja pada Application Layer
Lapisan Application Layer ini berkerja dengan bantuan software-software dan aplikasi terrtemtu antara lain
  • Email client (outlook, dan sebagainya)
  • Web browser ( mozalia, chrome, dan sebagainya)
5. Protocol yang terdapat di Layer Application layer

1. Protocol DNS (Domain Name Server)
Protocol ini berfungsi untuk mengubah IP local menjadi IP public

2. Protocol HTTPS ( Hypertext Transfer Protocol)
fungsi dari protocol ini yaitu digunakan untuk pada Web browser untuk mengambil atau memanggil sebuah halaman atau sebuah situs website ysng di susun dengan sistem HTML.

3. SMTP /POP3 (Simple Mail Transfer Protocol) dan POP3 (Post Office Protocol ver.3)
SMTP ini digunakan sebagai prtotocol yang mrmbantu mengirimkan email ke dalam smail server.
Sedangkan POP# merupakn protocol yang di gunakan untuk mengambil dan membuka email yanf tersapat di dalam mail sever.

4. DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)
Protol yang di gunakan untuk membantu melakukan konfigurasi terhadap alamat IP dari komputer ke sebuah jaringan komputer.

5. FTP (File tranport Protocol)
Protocol ini digunakan untuk melakukan pengiriman atau pentransferan data di dalam sebuah jaringan internet .

6. Telnet (Telecomunication network) protocol yang di gunakan untuk melakukana akses jarak jauh atau meremot terhadap suaru komputer dari jarak jauh.

7. Hasil yang di dapat
mengevaluasi dari sendiri dan natinya akan membuat diri kita menjadi lebih baik lagi untuk kedepannya. Dan setelah mengevaluasi diri kita lebih bisa mngerti lagi laeyer Application Layer.

8. Referensi

9. Penutup
Nah jadi itu yang bisa saya sampaikan mengenai Lyaer ke 7 bila ada salah kata saya mohon maaf sekian dan terimakasih.

Wassalamualikum Wr.Wb
]



0 Comments:

Post a Comment