Thursday, March 14, 2019

NAT

1.PENDAHULUAN
Assalamualikum wr.wb
berjupa lagi di blog saya prakrin di BLC TELKOM KLATEN di hari ketigabelas dan pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai NAT

2.LATAR BELAKANG
Agar kita dapat memahami apa itu NAT dalam jaringan

3. waktu pelaksanan
Dari jam 08.00 sampai 16.00

4.pembahasan

1.Pengertian NAT

Network Address Translation (NAT) merupakan sebuah sistem untuk menggabungkan lebih dari satu komputer untuk dihubungkan ke dalam jaringan internet hanya dengan menggunakan sebuah alamat ip

2.jenis-jenis NAT

secara singkat NAT dibagi menjadi 4 apa saja?1.NAT tipe statis,2.dinamis 3.overlading 4.overlapping langsung saja kita bahas satu persatu mengenai jenis jenis NAt

1.NAT statis
 Bekerja dengan menerjemahkan semua alamat IP yang belum terdaftar menjadi alamat IP yang terdatar.

Kekurangan lain dari NAT Statis adalah kurang aman dibandingkan NAT dinamik, sebab setiap komputer memiliki alamat IP tersendiri, dan akhirnya risiko penyusup masuk langsung ke dalam jaringan private lebih besar.

2.NAT Dinamis
 NAT Dinamis bekerja dengan mendaftarkan beberapa komputer ke dalam satu kelompok dengan alamat IP terdaftar yang sama.

 Keuntungan menggunakan NAT dinamis ini tentu lebih amannya penelusuran di internet

 kekurangan, yaitu jika semua alamat IP sudah terpenuhi dan terpakai semua, maka jika ada penambahan komputer lain, komputer tersebut tidak lagi dapat terhubung ke internet melalui NAT.

3.overloading NAT
 Memungkinkan lebih dari satu klien terhubung menuju satu IP publik, namun pada port yang berbeda. Sehingga saat NAT menerima permintaan dari klien untuk dihubungkan kepada server, NAT kemudian akan menentukan nomor IP dan port untuk klien tersebut.

 Keuntungannya adalah walaupun sebuah nnomor IP telah digunakan, namun masih bisa dipakai untuk klien lain sebab berada dalam port yang berbeda.

4.overlapping NAT
 Bentuk NAT yang melakukan penerjemahan dua arah, terutama jika terdapat nomor yang sama antara alamat IP publik dan lokal. Agar tidak terjadi konflik, maka NAT mengubah nomor IP publik menjadi nomor yang tidak terdapat dalam jaringan lokal.

3.fungsi NAT

  • Melakukan penghematan terhadap IP legal yang disediakan oleh Internet Service Provider (ISP).
  • Meminimalisir adanya duplikasi alamat IP dalam jaringan.
  • Ketika terjadi perubahan jaringan, menghindari proses pengalamatan kembali.
  • Menambah fleksibilitas untuk terhubung dengan jaringan internet.
  • Melakukan peningkatan terhadap keamanan sebuah jaringan.
  • Dibandingkan dengan aplikasi alternatif seperti proxy, penggunaan NAT memberikan fleksibilitas dan performa yang lebih baik.

5. cara kerja Nat

  1. Pertama-tama, NAT menerima permintaan dari klien berupa paket data yang ditujukan untuk sebuah server remote di internet.
  2. NAT kemudian mencatat alamat IP klien, lalu menyimpannya ke dalam tabel translasi alamat. Selanjutnya, alamat IP komputer klien tersebut diubah oleh NAT menjadi nomor IP NAT, lalu NAT lah yang akan melakukan permintaan kepada server.
  3. Server kemudian merespon permintaan tersebut. Dari sudut pandang server, yang terlihat adalah alamat IP NAT, bukan alamat IP klien yang meminta data bersangkutan.
  4. NAT menerima respon dari server, lalu melanjutkannya dengan mengirimkan ke alamat IP klien yang bersangkutan.
  5. Keempat tahapan tersebut terjadi berulang-ulang, sehingga walaupun klien komputer tidak memiliki alamat IP publik, namun tetap dapat mengakses internet.
5. PENUTUP
Demikian yang bisa saya sampaikan apa bila ada salah kata saya sampaikan permohonan maaf sekian dan terimakasih



0 Comments:

Post a Comment