Tuesday, March 19, 2019

Refulusi industri 4.0

assalamualikum wr.wb
1. PENDAHULUAN
berjumpa lagi di dengan saya pada prakrin ketujubelas di BLC TELKOM KLATEN dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit mengenai refulusi industry 4.0

2. PENGERTIAN
Revolusi industri secara simpel artinya adalah perubahan besar dan radikal terhadap cara manusia memproduksi barang. Perubahan besar ini tercatat sudah terjadi tiga kali, dan saat ini kita sedang mengalami revolusi industri yang keempat. Setiap perubahan besar ini selalu diikuti oleh perubahan besar dalam bidang ekonomi, politik, bahkan militer dan budaya. Sudah pasti ada jutaan pekerjaan lama menghilang, dan jutaan pekerjaan baru yang muncul.

3. LATAR BELAKANG
agar dapat mengetahui perkembangan dunia industri pada masa sekarang

4. WAKTU PELAKSANAAN
dari jam 08.00 sampai 16.00

5. PEMBAHASAN

A. REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Konsep “Industri 4.0” pertama kali digunakan di publik dalam pameran industri Hannover Messe di kota Hannover, Jerman di tahun 2011.

Pertama, kemajuan yang paling terasa adalah internet. Semua komputer tersambung ke sebuah jaringan bersama. Komputer juga semakin kecil sehingga bisa menjadi sebesar kepalan tangan kita, makanya kita jadi punya smartphone. Bukan cuma kita tersambung ke jaringan raksasa, kita jadinya SELALU tersambung ke jaringan raksasa tersebut. Inilah bagian pertama dari revolusi industri keempat: “Internet of Things” saat komputer-komputer yang ada di pabrik itu tersambung ke internet, saat setiap masalah yang ada di lini produksi bisa langsung diketahui SAAT ITU JUGA oleh pemilik pabrik, di manapun si pemilik berada!



Kedua, kemajuan teknologi juga menciptakan 1001 sensor baru, dan 1001 cara untuk memanfaatkan informasi yang didapat dari sensor-sensor tersebut yang merekam segalanya selama 24 jam sehari.  Informasi ini bahkan menyangkut kinerja pegawai manusianya. Misalnya, kini perusahaan bisa melacak gerakan semua dan setiap pegawainya selama berada di dalam pabrik. Dari gerakan tersebut, bisa terlihat, misalnya, kalau pegawai-pegawai tersebut menghabiskan waktu terlalu banyak di satu bagian, sehingga bagian tersebut perlu diperbaiki. Masih ada 1001 informasi lainnya yang bisa didapat dari 1001 data yang berbeda, sehingga masih ada 1001-1001 cara meningkatkan produktivitas pabrik yang semula tak terpikirkan. Karena begitu banyaknya ragam maupun jumlah data baru ini, aspek ini sering disebut Big Data.

Ketiga, berhubungan dengan yang pertama dan kedua, adalah Cloud Computing. Perhitungan-perhitungan rumit tetap memerlukan komputer canggih yang besar, tapi karena sudah terhubung dengan internet, karena ada banyak data yang bisa dikirim melalui internet, semua perhitungan tersebut bisa dilakukan di tempat lain, bukannya di pabrik. Jadi, sebuah perusahaan yang punya 5 pabrik di 5 negara berbeda tinggal membeli sebuah superkomputer untuk mengolah data yang diperlukan secara bersamaan untuk kelima pabriknya. Tidak perlu lagi membeli 5 superkomputer untuk melakukannya secara terpisah.

Keempat, ini yang sebetulnya paling besar: Machine learning, yaitu mesin yang memiliki kemampuan untuk belajar, yang bisa sadar bahwa dirinya melakukan kesalahan sehingga melakukan koreksi yang tepat untuk memperbaiki hasil berikutnya. Ini bisa dilukiskan dengan cerita “AlphaZero AI”. Sebelum Machine Learning, sebuah komputer melakukan tugasnya dengan “Diperintahkan” atau “Diinstruksikan” oleh manusia.


B. Dampak revolusi industri

1.Munculnya industri secara besar-besaran.
2.Peningkatan mutu hidup, hidup menjadi lebih dinamis, manusia bisamenciptakan berbagai produksi untuk memenuhi kebutuhannya.
3.Harga barang menjadi murah.Karena segala produksi suadah menggunakan mesin.
4.Meningkatnya urbanisasi ke kota-kota industri.
5.Berkembangnya kapitalisme modern.
6.Munculnya kecemburuan sosila antara kaum proletar dengan kaum borjois

C. Manfaat revulusi industri 4.0

1. teknologi berkembang dengan pesat
2. adanya banyak penemuan-penemuan baru
3. munculnya paham baru seperti kapitalismeyang terpusat pada keuntungan induvidu atau personal

7. HASIL YANG DI DAPAT
mengetahui pengertian dari revolusi industri,dampakdan manfaat dari revolusi industri 4.0

8. PENUTUP
Nah jadi itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini kalau ada salah penulisan dan salah kata saya ucapkan maaf yang sebesar besarnya sekian dan terimaksih,kritik dan saran anda nantinya akan membantu saya agar lebih baik lagi.

wassalamualikum wr.wb



0 Comments:

Post a Comment