Friday, March 8, 2019

SOP


Assalamualikum wr.wb
1. PENDAHULUAN 
nah disini saya akan membahas sedikit pengertian dari SOP di prakerin hari ke delapan di blc telkom klaten

2. PENGERTIAN
Standart Operating Prosedure (SOP) adalah serangkaian instruksikerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai prosespenyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan
harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan.

3. LATAR BELAKANG
Biar mempermudah pekerja dalam melaksanakan tugasnya

4.WAKTU PELAKSANAAN
Dari jam 08.00 sampai 16.00

5.PEMBAHASAN
A. SOP

Standart Operating Prosedure (SOP) adalah serangkaian instruksi kerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai prosespenyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan
harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan.

B.FUNGSI SOP

▪ sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menyelesaikan tugasnya.
▪ Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam
melaksanakan tugas.
▪ Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaantugas dan tanggung jawab individual pegawai danorganisasi secara keseluruhan.
▪ Membantu pegawai menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung pada intervensi manajemen, sehinggaakan mengurangi keterlibatan pimpinan dalampelaksanaan proses sehari-hari.
▪ Meningkatkan akuntibilitas pelaksanaan tugas.
▪ Menciptakan ukuran standar kinerja yang akanmemberikan pegawai cara konkrit untuk memperbaikikinerja serta membantu mengevaluasi usaha yangtelah dilakukan.
▪ Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraanpemerintahan dapat berlangsung dalam berbagai
situasi.
▪ Memberikan informasi mengenai kualifikasikompetensi yang harus dikuasai oleh pegawai dalam
melaksanakan tugasnya.
▪ Memberikan informasi dalam upaya peningkatan kompetensi pegawai.
▪ Memberikan informasi mengenai beban tugas yang
dipikuloleh seorang pegawai dalam melaksanakan
tugasnya.

C.TUJUAN SOP
▪ Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja.
▪ Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi.
▪ Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait.
▪ Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
▪ Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan, duplikasi, dan inefisiensi.

D. MANFAAT SOP
▪ Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja.
▪ Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
▪ Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah dilacak
▪ Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama disiplin dala bekerja.
▪ Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaanrutin.

6.HASIL YANG DI DAPAT
memudahkan kita untuk bekerja

4.PENUTUP
Nah jadi tadi saya sedikit menyinggung mengenai SOPapabila ada salah saya mohon maaf sekian terimakasih

wassalamualikum wr.wb

0 Comments:

Post a Comment