Wednesday, May 15, 2019

cara memblokir situs menggunakan Layer 7 Protocol



Assalamualikum WR.WB

1. Pendahuluan
Hay teman-teman semua bagaimana kabar kalian pada hari ini??ya..tentu baikkan kalian pada penasan tidak sih hari ini saya itu ngapain nah jadi pada kesempatan kali ini saya akan memberi tahu bagaimana cara memblokir situs Layer 7 Protocol penasaran dan ingin langsung mencoba nahlangsung saja saya beritahukan bagaimana caranya

2. Pengertian
Layer 7 protocol adalah aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan membuat pesan-pesan kesalahan dan  protocol yang berada pada lapisan ini adalah HTTP, FTP, SMTP, dan NFS
3. Latar belakang
Memblokir sebuah situs yang untuk kepentingan khusus

4. Maksud dan tujuan
Untuk memblokir situs biar si klient tidak bisa mengakses ke situs tersebut

5. Waktu pelaksanaan
Selasa 13, May 2019

6. Alat dan bahan
- Laptop
- Router MikroTik
- Kabel UTP
- Koneksi internet

7. Pembahasan
cara memblokir situs Layer 7 Protocol

Hay sahabat semua ketemu lagi nih dengan saya dan pada kesempatan kali ini saya akan memberi tahu kepada kalian bagaimana cara memblokir situs HTTPS menggunakan layer 7 protocol dari pada kalian penasaran langsung saja saya beritahukan kepada kalian bagaimana caranya ya hehe

1. Buka router melalui winbox

2. Setelah itu kita masuk ke menu IP>>Firewall>>Layer 7 protocol>>Klik (+)



3. Lalu berinama situs yang mau di blok setelah itu masukan pada kotak dengan format ^.+(nama domain situsnya).*$ misal ^.+(youtube.com).*$


4. kemudian masuk ke Tab Filter rulles>>(+)>>chain: forwat>>Advance (layer 7 protocol) isi dengan nama yang sudah di buat tadi>>Action :drop>>Apply>>OK


Di tab general ini kita masukkan chain forward dan src. Addres bisa di kasih IP dari client yang mau di blok atau kalau kalian memiliki tidak hanya satu jaringan maka bisa di isikan src.Addressnya IP default yaitu 0.0.0.0/0


Di tab advanced layer 7 protocol kita kasih nama yang sudah di buat tadi



Berikan Action drop karena kita akan memblokir


5. Lakukan pengecekan di browser situs tersebut apakah proses pemblokiran berhasil atau tidak



Nah jadi kalau sudah seperti itu kita sudah berhasil memblokir situs menggunakan address list selamat mencoba ya

8. Hasil yang di dapat
Dapat memblok sebuah situs atau web

9. Temuan masalah
-
10. Penutup
Nah jadi itu yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat dan selamat mencoba cukup sekian dari saya bila ada salah penulisan atau perkataan saya mohon maaf sekian dan terimakasih

11. Referensi
Ebook aplikasi paduan konfigurasi MikroTik

Wassalamualikum WR.WB

0 Comments:

Post a Comment