Monday, May 6, 2019

Settingg dasar Hotspot MikroTik


Assalamualaikum WR.WB
1. Pendahuluan
Hay sobat ketemu lagi nih di blog saya pasti penasan ya kali ini saya mau ngapain dan apa kegiatan saya hehe jadi hari ini itu saya melakukan setting Hotspot MikroTik dan tidak hanya itu di sini nanti saya juga akan cerita mengenai saya pembimbing saya yang datang untuk melakasanakan monitoring PRAKERIN langsung saja kita bahas ya….

2. Pengertian
Hotspot adalah area di mana seorang client dapat terhubung ke dalam jaringan internet secara wirelless

3. Latar belakang
Membuat hotspot MikroTik agar meluasnya jaringan internet

4. Maksud dan tujuan
Agar orang lain juga bisa mendapatkan akses internet dan nantinya di gunakan untuk mencari informasi atau lainnya

5. Waktu pelaksanaan
Senin 6, May 2019

6. Alat dan bahan
- Laptop
- Router MikroTik
- Kabel UTP
- Koneksi internet

7. Pembahasan

Konfigurasi dasar Hotspot MikroTik

Nah seperti janji saya tadi saya akan bercerita mengenai guru yang saya yang datang ke tempat PRAKERIN saya nih jadi Bp guru saya yang bernama pak Suryadi datang ke BLC untuk memonitoring dan memberi arahan kepada kami dan tidak berupa arahan saja tetapi juga dia memberikan kita motivasi kepada kami untuk ke depannya biar lebih semangat lagi.

Jadi itu yang bisa saya ceritakan kepada kalian mengenai guru saya yang dapang ke BLC dan seperti janji saya dan sesuai judul di sini saya akan memberikan bagaimana cara membuat hotspot di MikroTik.

Berbicara dengan router MikroTik ini memiliki banyak sekali fitur ya sobat, dan salah satu fitur yang populer dan banyak digunakan adalah Hotspot. Mengenai hotrspot sendiri dia itu memiliki kelebihan dan kelebihannya adalah kita itu dapat mengkonfigurasikan jaringan yang hanya bisa di gunakan dengan username dan password tertentu saja, tidak hanya itu kita juga dapat melakukan management terhadap user-user tersebut.

Dan hotspot ini merupakan fitur gabungan dari berbagai service yang ada di MikroTik, antara lain :
  • DHCP server, digunakan untuk meberikan layanan IP secara otomatis ke user atau client
  • Firewall NAT, fitur ini digunakan untuk mentranslasi IP user ke IP yang bisa di kenali di internet
  • Firewall filter, Untuk memblock user yang belum melakukan login
  • Proxy, di gunakan untuk memberikan tampilan halaman logi
    Nah sekarang kita masuk ke konfigurasinya ya sobat semua
1. Kita buka menu Wirelless>>aktifkan Wlannya (v)>>double klik icon Wlan>>action : Ap bride>> Aply>>OK


2. Buka menu IP>>Hotspot>>Hotspot setup



3. Setelah itu kita akan di arahkan ke kotak-kotak dialog pada setiap langkah-langkahnya


Di langkah pertama itu kita di minta untuk mengaktifkan interface mana nantinya Hotspot yang akan di aktifkan, dan disini saya mengeaktifkan yang melalui interface Wlan1

4. Jika di interface wlan1 sudah terdapat IP maka pada langkah ini kita tidak perlu lagi untuk memberikan IP langsung next saja



5. Ketiga tentukan range address yang telah di berikan ke user (DHCP server) secara default



6. Selanjutnya kita menentukan SSL Certificate jika kita akan menggunakan HTTPS untuk halaman loginnya. Tetapi jika kita tidak memiliki sertifikat SSL, kita pilihl none saja, kemudian klik next



7. Berikan SMTP server IP 0.0.0.0 biarkan default, kemudian next



8. Selanjutnya kita tentukan DNSnya dan disini saya menggunakan DNS dari google.com, lalu klik next



9. Memasukan nama DNS untuk hotspot server, di sini kita bebas mengisikan DNSnya dan gunanya nanti nanti setiap user yabg belum melakukan login dan akan akses ke internet, maka browser akan di belokkan ke halaman login ini



10 Langkah terakhir kita tentukan username dan password yang nantinya untuk login ke jaringan hotspot kita.



Sampai pada langkah terakhir ini, jika di klik next maka akan muncul pesan yang menyatakan bahwa setting hotspot telah selesai



selanjutnya kita tes mengoneksikan laptop ke hotspot yang sudah dibuat tadi




Nah jadi seperti itu cukup mudahkan

8. Hasil yang di dapat
Dapat membuat hotspot MikroTik

9. Temuan masalah
-

10. Penutup
Nah jadi itu yang bisa saya beritahukan kepada kalian semoga bermanfaat bila ada kesalahan dalam hal penulisan dan perkataan saya mohon maaf sekian dan terimakasih

Wassalamualikum WR.WB

0 Comments:

Post a Comment